OLSHOP ALA JEPANG

‪#‎PENGALAMANBELANJAONLINEDIJEPANG‬
‪#‎OLSHOPALAALAJEPANG‬
‪#‎sharedarigruprumpibisnisWA‬
‪#‎dayatiganusa‬
‪#‎sambaorganikRice‬

Assalamualaikum, ini share sedikit pengalaman mbak defiza zainal dari padang yang pernah tinggal di jepang tentang pengalaman belanja olshop di jepang.

Defiza Zainal:
Okay, udah pada ngeteh ama sarapan beloom?

Yuk, kita rapatkan barisan.

Saya mau share pengalaman jadi pelanggan olshop di negeri orang?

Oke. Ini pengalaman pribadi, jadi pelanggan setia olshop di Jepang, Tokyo khususnya.

Saya mengenal istilah olshop sebenarnya sdh lama, sejak mula mendengar ebay dan sebangsanya. Namun, di awal, banyak keraguan berkecamuk dlm kepala. Gmn ntar kalo beli sepatu gak pas? atau gmn ntar kalo beli BeHa size cup-nya kekecilan? atau gmn ntar kalo pas nyampe di rumah susu segarnya udah basi? Nah keraguan2 td yang membuat saya rada telat jadi pelanggan setia olshop di Jepang.

Tiba disuatu masa dimana kondisi tidak memungkinkan lagi untuk pergi belanja keluar, bahkan ke supermarket yang hanya berjarak kurang dr 200 m dr apartemen kami. Terpaksa buka laptop, search olshop2 yang menawrkan produk2 segar.

Nah, saat diawal saya coba belanja yang murah-murah dulu dalam jumlah yang sedikit. Seperti carrot, cm beli sebiji, kentang stengah kilo ama tofu. Belanja ga nyampe 1000 yen, kalo ga salah waktu itu. 😁

Kesan pertama yang saya dapat adalah, belanja olshop ternyata benar2 FUN!

Dengan beragam produk segar yang bikin puyeng milihnya, belom lagi promo2, trus pilihan jadwal delivery. Kita bisa milih, order mau dianter depan pintu rumah kita pukul berapa.

Sejak pengalaman pertama tsb, saya beli fresh produce selalu online, kecuali ada promo yang lebih menggiurkan di supermarket terdekat. Bu ibu euuuuyyyy, matanya ijo kalo liat promo… 😂

Dr pengalaman beli fresh produce, saya coba tingkatkan dengan pernak pernik elektronik, seperti charger, USB, hard drive, aksesoris kamera, lampu, bahkan peralatan masak.

Trus meningkat lagi dengan beli baju. Kalo soal pakaian dan underware, saya pribadi sangat picky. Selain bahan, model, size sangat mempengaruhi, sebab bentuk body yang ‘beda’.

Bukan apa2, jika kita motong celana jeans disini cm kena 10rb sama abang2 jahit keliling, di sono bisa kena sampe seratus ribu… 😭

Dari beli pakaian dan underware, meningkat lagi coba2 beli perhiasan, cincin. Naah, jika beli cincin ini, sangat detil penjelasannya. Mulai dr sejarah/asal usul batu yang digunakan, jenis gold-nya (jika gold), ada rose gold, white gold, pure yellow, trus design, trus size.

Dari stuffs yang saya beli via onlen, semua memiliki persamaan yang bisa saya ambil kesimpulan sebagai SOP jualan onlen. Beberapanya antara lain adalah

1. Transparan.
Tidak ada yang namanya ‘PM for harga ya Sis’ . Semuanya jelas, plus pajak.

2. Kemasan
Kemasan yang sangat sangat rapi. Beli telor ga pernah retak, beli tofu (yg lembut banget) ga pernah retak, beli ikan ga busuk. Semua dikemas satu2, hampir menyerupai gift. Jadi rasanya happy ngeliat order sdh sampai, kayak tiap minggu buka gift. 😂😂😂
3. Detil Penjelasan/How to
Jika beli produk segar, disertai dengan resep2 yang bisa digunakan/dipadupadankan. Jika beli baju, detil banget ukuran sizenya. Lingkar dada dr ketek bag. atas. trus lingkar dada pas di atas payudara, trus panjang bag. belakang, dr tulang leher sampe leher. Semua detiilllllll 😂. Beli BeHa juga begitu, dikasih tips cara milih/menentukan BeHa yang benar, lengkap ama gambar2 ilustrasi.

4. Delivery
Nah, unsur ini kalo disini, belom bisa kita tingkatkan. Sebab sepertinya delivery ini datang ke rumah suka2 saja waktunya. Di Jepang ga bisa begitu. Kita dikasih range waktu, misal kalo pagi, pkl 7-9, nah, kita mesti standby jam segitu. Pernah tukang delivery orderan fresh food saya telat 10 menit. Saya pikir gpp, soalnya lagi habis salju semalam, jalanan pasti licin, so pasti telat. Eh, pas nyampe bungkuk2 minta maaf, saya dikasih bonus telor 10 biji…. Mayaaann… 😁

5. After Sales Service
Rata2 dari olshop tempat saya belanja rutin, selalu telepon, min sebulan sekali. Yang ditanya kadang simple2 saja. Suka ga sama resep yang kami kirimkan? Bajunya matching ga ama celananya? Beli cincin ditelpon, pas ga ukurannya? (Kebetulan size jari saya imut banget).

Bagi Japanese company, lumayan bikin trouble juga buat mereka untuk menghubungi saya. Karena saya ga bisa sama sekali Japanese for bisnis, vocab terbatas utk komunikasi harian, jadi ga nyambung kalo diskusi panjang2. Mereka ‘goes to a very long way’ utk cari orang yang bisa English dengan proper (Baca: Ga ada Japanese aksennya).

Padahal saya belanja jaraaaaaang banget di atas sepuluh ribu yen. Belanja dikit aja, udah dapet servis begini… ooohhh rasa tersanjung… 😂😂😁😎

Udah selesai, cm 5 poin itu yg rasanya jd standar. Oh ya, ada satu lagi.
Bentar

6. Call Centre
Kapanpun saya nelpon call centre, selalu tersambung. Jika mereka tidak bisa menjawab ketika itu, selalu minta nomor hape saya untuk dihubungi kembali. Contoh, saya pernah nelpon Morinaga, sewaktu mau beli susu formula utk anak. Pas ditelpon mrk ga bisa jawab pertanyaan saya, minta nope. Saya pikir, ah, ini cm basa basi lips service aja kalo nelpon lagi. Eee bener! stengah jam kemudian sy dihubungi, mungkin sama staff yg lebih superior (Ketahuan dr englishnya). Dia bilang kalo produk Morinaga belom halal, bla bla… minta maaf karena produk mrk belom bisa memuaskan saya, bla bla…

Sekian Share dr saya teman2…. Semoga bisa diambil hikmahnya. 🙏

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s